Profile Perusahaan
Perusahaan PT. A.J. Central Asia Raya didirikan pada Tanggal 30 April 1975 berdasarkan AKTA NOTARIS RIDWAN SUSELO Nomor 357, dengan modal Rp. 500 Juta. Sejak semula, seluruh Pemegang Saham, Komisaris dan Direksi telah sepakat untuk menjadikan PT. A.J. Central Asia Raya sebagai salah satu Perusahaan Asuransi Jiwa yang telah melalui Tiga Dekade dan Terus Berkembang. Hal ini telah dibuktikan oleh Perseroan dengan memiliki kekayaan lebih dari Rp. 3,81 Triyun, Risk Based Capital (RBC) 216%, serta satu-satunya Perusahaan Asuransi Jiwa dan yang Pertama berhasil meraih Platinum Award dari Majalah InfoBank ataqs predikat "Sangat Bagus" selama 10 (sepuluh) Tahun berturut-turut (1999 s.d 2008)
Anak Perusahaan Agus Salim Group
Pesaing Bisnis Global menjadi tantangan bagi Perusahaan untuk menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa terkemuka di Indonesia tidaklah mudah. Pemerintah semakin serius membenahi institusi keuangan yang Menghimpun Dana Masyarakat baik Perbankan, Securitas, maupun Asuransi (Jiwa dan Umum). Pasar Asuransi semakin terbuka, sedangkan masyarakat semakin kritis dan mengerti akan pentingnya dunia asuransi. Tahun 2012 Undang-undang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah disahkan, maka Otoritas atau regulator Jasa Keuangan, khususnya Jasa Asuransu, pada Tanggal 01 Januari 2013 akan beralih dari Kementerian Keuangan kepada OJK. Banyak faktor untuk menjadi yang terbaik, antara lain : Dukungan pemegang saham, Komitmen manajemen, Kerja keras seluruh staff, Permodalan, Sumber daya manusia, Teknologi informasi, Pemasaran, Produk-produk bermutu, dan Layanan prima bagi Nasabah.
Dukungan pemegang saham sangat penting terutama segi permodalan, dan ini bukti bahwa pemegang saham menyetujui penambahan modal disetor sebesar Rp. 100 Milyar pada Tahun 2008. Jumlah Modal disetor ini telah memenuhi ketentuan Pemerintah dalam bidang perasuransian sebelum ketentuan itu diterbitkan. Hal ini sangat penting sekali bahwa Perusahaan telah mengantisipasi perubahan-perubahan regulasi dalam bidang industri asuransi.
Komitmen manajemen (Komisaris dan Direksi) paling berperan dalam memberi arah bagi Perusahaan sehinggga dapat berkembang dan Bertambah Maju untuk menjadi salah satu Perusahaan Asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. Kekuatan Ekomoni Indonesia menghadapi Krisis Keuangan yang melanda Amerika Serikat Tahun 2008/ 2009 dan krisis Eropa yang berlanjut sampai tahun 2012 telah menjadi manajemen semakin berkomitmen agar Perusahaan tetap bertumbuh dengan baik serta penuh kehati-hatian (Prudent), dan salah satu hasilnya adalah pertumbuhan permodalan/ ekuitas selama 3 Tahun terakhir.
kerja keras staff dan agen pemasaran akan membuktikan bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. kuncinya adalah Bersatu Padu dalam menghadapi segala permasalahan. kreativitas pun bermuculan. Banyak aktivitas yang tercipta dari kreativitas ketika kerja keras dan kebersamaan menjadi pegangan. Sebagai komitmen pelayanan Utama LANCAR (Layanan Nasabah CAR) dan Sub-Kantor LANCAR, serta tersebarnya jalur distribusi pemasaran yang luas seperti keagenan, Korporasi/ Group, Bancassurance, Syariah, Employee Benefit Program/ Managed Care, dan Lain sebagainya. Disamping itu, Perusahaan juga merupakan Pendiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) CAR yang memiliki 11,354 Peserta dengan aktiva bersih yang dikelola sejumlah Rp. 258 Milyar.
Pemegang Saham selalu berkomitmen untuk tetap menjaga permodalan dalam rangka operasi Perusahaan, Pemegang, serta Menjaga Solvabilitas Perusahaan. Tahun 2012 Permodalan/ Ekuitas Perusahaan Lebih dari 1,27 Trilyun, dan diharapkan akan terus tumbuh sesuai dengan perkembangan Perusahaan. Penciptaan sumber daya manusia profesional dan handal sangat di dorong oleh perusahaan. Perusahaan akan terus mendorong agar karyawan meningkatkan kemampuan diri sehingga menjadi tenaga profesional dan handal dalam bidang industri asuransi jiwanya.
Perusahaan menaruh perhatian besar pada pengembangan teknologi informasi. perangkat keras dan lunak akan selalu dievaluasi sesuai perkembangan dan pengembangan teknologi, jaringan local area network (LAN), serta pemutakhiran piranti lunak berlisensi untuk mendukung operasi perusahaan.
Distribusi pemasaran yang luas merupakan obsesi pemegang saham dan manajemen untuk terus mengembangkan Perusahaan dan mendekatkan Layanan kepada Nasabah. Perusahaan telah memiliki 84 Kantor Penjualan di Dukung 47 Kantor Pelayanan Nasabah (LANCAR) yang tersebar di Kota-kota di 33 Propinsi. ini belum termasuk dalam kerjasama dengan Perbankan maupun dengan Perusahaan penunjang usaha asuransi/ broker asuransi.
Produk-prosuk inovatif dan menguntungkan Bagi Nasabah terus diluncurkan mulai dari Produk Asuransi jiwa individu (Perorangan), antara lain : asuransi seumur hidup, asuransi kesehatan individu, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, maupun asuransi kumpulan seperti: asuransi kredit pemilikan rumah, asuransi kesehatan untuk karyawan perusahaan bahkan pengelo dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) CAR. pada Tahun 2012 Perusahaan meluncurkan produk kesehatan perorangan-Prevensia Premier. Dan inovasi ini akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.
Laporan Manajemen
Seperti Pada Tahun-tahun yang telah di lalui Perusahaan, pada Tahun 2012 adalah tahun tantangan dengan krisis keuangan yang terjadi di Uni Eropa. meski demikian perekonomian Indonesia tetap berkembang denga Kenaikan sebesar 6,23%. Kenaikan ini di akibatkan oleh peningkatan konsumsi dan investasi. Konsumsi domestik menyumbang separuh dari perekonomian dan indonesia menjadi salah satu negara untuk Tujuan Investasi Luar Negeri.
Tingkat Inflasi Indonesia selama Tahun 2012 meningkat menjadi 4,3%, Namun Industri asuransi jiwa tetap bertumbuh walaupun hanya mencapai 7%.
Perseorangan membukukan pendapatan premi sebesar Rp. 648 Milyar. ini merupakan kontribusi bisnis asuransi jiwa individu konvensional, asuransi jiwa kumpulan, asuransi kesehatan kumpulan termasuk yang di kelola oleh Employee Benefit Program/ Managed CAR, serta Unit Usaha Syariah.
Total kekayaan perseorangan mencapai Rp. 3,81 Triyun, meningkat sebesar 14% bila dibandingkan tahun 2011. yang terbagi atas earning assets sebesar Rp. 3,69 Trilyun (96% dari total kekayaan). Komposisi earning assets terhadap total kekayaan selalu dipertahankan dari waktu ke waktu dengan kisaran 95%.
Total pendapatan investasi mencapai Rp. 283 Milyar atau rata-rata mencapai 8,40% dari total dana investasi yang dikelola, hal ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata pendapatan Deposito Perbankan Nasional yang hanya mencapai 5,75%.
Tingkat solvabilitas (RBC) selalu dijaga agar dalam batas aman dan seimbang denga pertumbuhan perseroan serta permodalan. pada akhir tahun 2012, RBC perseroan mencapai 216% hal ini berarti perseroan dalam kondisi sangat sehat (solven), Karena ketentuan yang dipersyaratkan adalah minimum sebesar 120%.
pada tahun 2012, Jumlah Agen Individu lebih dari 1.050 orang yang didukung oleh 62 cabang pemasaran individu. Pemasaran korporasi didukung oleh 16 cabang korporasi. Untuk Pelayanan purna lain yang dimiliki Perusahaan adalah Employee Benefit Program/ Managed CAR yang melayani Nasabah-nasabah group dengan kategori khusus untuk program asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan kecelakaan. Kami juga telah menyediakan dan melakukan kerjasama dengan lebih dari 1.600 provider (Rumah sakit, Apotik, dan Optik).
Perseroan percaya bahwa seluruh aspek bisnis perlu dikelola agar dapat tumbuh secara seimbang, baik segi finansial, layanan nasabah, sumber daya manusia yang dikelola maupun kepentingan para stakeholders. Seperti di Diskusikan sebelumnya bahwa sejak 01 Januari 2013, seluruh Pengawasan industri asuransi akan beralih dari Kementerian Keuangan RI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bagi Perseroan perubahan ini juga merupakan tantangan tersendiri untuk menunjukkan bahwa di Tahun-tahun mendatang, Perseroan akan bekerja lebih baik dan lebih baik lagi.
Kami percaya bahwa seluruh VISI, MISI dan nilaiu hakiki merupakan landasan kokoh untuk menjadi YANG TERBAIK dan Perseroan AKAN MENJADI KEBAGGAAN seluruh pamangku kepentingan atau bagi mereka yang selalu bersama CAR.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terutama kepada seluruh Nasabah, pemegang saham dan seluruh staff perseroan, bahwa atas kerja sama dan kerja keras selama Pada Tahun 2012, maka perseroan dapat tumbuh menjadi seperti saat ini. kami ingin menekankan bahwa keberhasilan perseroan adalah kebersihan kita bersama
CAR "Melayani dan Melindungi"
Struktur Organisasi
DEWAN KOMISARIS
DEWAN DIREKSI
CHIEF OFFICER CAR
KANTOR CABANG
Bisa dicek langsung di Website Resmi CAR : http://www.car.co.id dan
Website Resmi Program CAR 3i-Networks : http://www.3i-networks.com
Silahkan hubungi TeamCAR berkerja Online
Nama : Alexsander NST
Hp/SMS : 082173407382
WA : 081372997713
Pin BB : 57E11DAB
Facebook : alexandercwakep@yahoo.co.id
Gmail : alexsanderia7@gmail.com